Resensi Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer

Studi tentang IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) membutuhkan pengetahuan yang aspek-aspeknya berasal dari kontribusi disiplin ilmu yang diaplikasikan ke masalah khusus. Penelaahan IMK terus dilakukan secara teoretis maupun metode lanjutan di dalam membentuk teknologi baru, ada banyak perhatian dalam mempelajari bagaimana mengaplikasikan penelitian ke dalam situasi praktis, dan mengerti masalah dan latihan yang terjadi. Buku ini membahas tentang Interaksi Manusia dan Komputer, yaitu subjek yang menggunakan teori dan metode yang relevan dari banyak bidang ilmu, meliputi ilmu-ilmu fisik dan sosial, juga teknik dan seni. Kontribusi yang penting dalam IMK berasal dari ilmu komputer dan psikologi. Kontribusi lanjutan berasal dari matematika, seni grafik, sosiologi dan intelegensi buatan.

Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya:

  1. Bab 1 Prolog
  2. Bab 2 Faktor Manusia
  3. Bab 3 Lingkungan Fisik
  4. Bab 4 Kebergunaan
  5. Bab 5 Manipulasi Langsung
  6. Bab 6 Antarmuka Berbasis Menu
  7. Bab 7 Dialog
  8. Bab 8 Perancangan Tampilan
  9. Bab 9 Teknik Evaluasi
  10. Bab 10 Perangkat Interaktif
  11. Bab 11 Desain UI/UX
  12. Bab 12 Desain Antarmuka Web
  13. Bab 13 Desain Antarmuka Perangkat Mobile
  14. Bab 14 Desain Presentasi

Mempelajari Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) memiliki berbagai manfaat, terutama dalam konteks pengembangan teknologi dan desain pengalaman pengguna. Berikut adalah beberapa manfaat mempelajari IMK:

  1. Paham tentang Pengguna:

    Mempelajari IMK membantu pengembang dan desainer memahami kebutuhan, preferensi, dan keterbatasan pengguna. Ini memungkinkan pembangunan solusi yang lebih sesuai dengan kebutuhan manusia.

  2. Peningkatan Antarmuka Pengguna:

    Mempelajari IMK membekali individu dengan pengetahuan dan keterampilan untuk merancang antarmuka pengguna yang efisien, ramah pengguna, dan memuaskan.

  3. Efisiensi dan Produktivitas:

    Desain antarmuka yang baik dapat meningkatkan efisiensi pengguna dalam menyelesaikan tugas, yang pada gilirannya dapat meningkatkan produktivitas.

  4. Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik:

    Mempelajari IMK membantu menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik, membuat pengguna merasa nyaman dan puas saat menggunakan suatu sistem atau aplikasi.

Membaca buku IMK adalah cara efektif untuk memperoleh dasar pengetahuan yang kokoh dan membangun keterampilan yang diperlukan dalam merancang interaksi yang baik antara manusia dan komputer.