Resensi Menulis Karya Ilmiah Berbasis Artificial Intelligence

Kode Klasifikasi:808.02 WIN m
Judul Buku:Menulis Karya ilmiah Berbasis Artificial Intelligence
Edisi:I
Penulis:Wing Wahyu Winarno
Penerbit:Andi
Bahasa:Indonesia
Tahun:2023
ISBN:978-623-01-3522-4
Tajuk Subjek:Artificial Intelligence
Ukuran:15,5 X 23 cm

 

Sebelum kehadiran Kecerdasan Buatan (AI), menulis karya ilmiah merupakan tugas yang tidak mudah. Prosesnya dimulai dari mencari ide penelitian, mengidentifikasi kesenjangan dalam penelitian, mencari teori yang relevan, melakukan tinjauan pustaka, mengumpulkan dan mengolah data, menganalisis data, hingga menyusun kesimpulan, serta menyusun daftar pustaka, semuanya harus dilakukan secara manual. Meskipun sudah ada aplikasi komputer, namun hanya berfungsi sebagai alat bantu yang memerlukan interaksi pengguna untuk menginput dan menulis teks.

Kini, kita telah memasuki era AI, di mana telah tersedia beragam aplikasi yang mampu berpikir dan menghasilkan karya. Sehingga, dalam beberapa aspek, para peneliti tidak lagi harus melakukan segalanya secara manual. Sebagai contoh, untuk mencari ide penelitian, kita dapat menggunakan aplikasi seperti Open Knowledge Maps. Cukup dengan menuliskan topik atau kata kunci, ide-ide penelitian akan muncul dengan cepat. Dalam mencari referensi, penting untuk memperoleh referensi yang berkualitas. Jika dilakukan secara manual, hal ini akan memakan waktu yang cukup lama dan hasilnya belum tentu memuaskan. Namun, dengan menggunakan aplikasi seperti Connected Papers, proses ini dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Buku ini membahas berbagai aplikasi berbasis AI yang dapat membantu dalam memulai dan menyelesaikan publikasi karya ilmiah Anda. Terdapat 17 aplikasi yang dibahas, di antaranya adalah ChatGPT, ChatPDE, Connected Papers, Deep AI Chat, Elicit, dan sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi ini, proses menyelesaikan karya ilmiah akan menjadi lebih mudah.

Perpustakaan Palcomtech memiliki koleksi terbaru yang menarik berjudul “Menulis Karya Ilmiah Berbasis Artificial Intelligence”. Buku ini menawarkan panduan lengkap bagi para peneliti dan penulis dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk meningkatkan efisiensi dalam proses penulisan karya ilmiah. Dengan bantuan aplikasi dan algoritma AI yang disertakan dalam buku ini, pembaca akan dibimbing dari tahap awal seperti pencarian ide penelitian hingga tahap akhir seperti menyusun kesimpulan dan daftar pustaka. Selain itu, buku ini juga mengulas berbagai aplikasi AI yang dapat digunakan dalam berbagai aspek penulisan karya ilmiah, seperti Open Knowledge Maps, Connected Papers, ChatGPT, dan lain sebagainya. Diharapkan buku ini akan menjadi sumber informasi yang berharga bagi mereka yang tertarik untuk memanfaatkan teknologi AI dalam dunia akademis dan penelitian.