Resensi Buku Pengantar Strategi Kreatif Advertising

Identitas Buku

  • Judul : Pengantar Strategi Kreatif Advertising Era Digital
  • Rating : Umum
  • Cerita & Ilustrasi : Ilhamsyah
  • Tebal : 260 halaman
  • Berat : 0.325 kg
  • Format : Soft Cover
  • Tanggal Terbit : 2 Feb 2021
  • Dimensi : 17.5 x 24 cm
  • ISBN : 9786230110078

Pemahaman tentang apa itu advertising belum merata dipahami oleh sebagian besar orang. Beberapa diantaranya bahkan menyamakan advertising dengan marketing. Padahal pada kenyataannya, setiap harinya kita menemukan banyak sekali bentuk advertising yang tersebar dimana-mana. Entah itu di media sosial, bahkan di beberapa pusat perbelanjaan. Apa alasannya? Pastinya karena advertising atau periklanan merupakan salah satu komponen penting dalam upaya pengembangan bisnis. Dimana advertising ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan menarik lebih banyak pelanggan.

Saat ini berbagai cara dilakukan oleh para pengiklan untuk meraih perhatian masyarakat. Dari menyebar pamflet di area terbuka, penempatan billboard serta berbagai media luar ruang lainnya, hingga penggunaan digital media. Namun tetap saja masyarakat secara sadar mereject informasi yang hadir tersebut. Termasuk kita pun sering mencari tombol close pada iklan pop-up di halaman website berita yang sedang dikunjungi, sangat mengganggu bukan?

Dalam buku Pengantar Strategi Kreatif Advertising Era Digital ini Penulis mencoba menulis ulang fungsi sebenarnya iklan saat ini, terutama dengan hadirnya media baru yaitu internet maupun mobile device. Dengan pemahaman Penulis yang pernah aktif di dunia periklanan, sebagai pengajar, pelaku usaha (entrepreneur), maupun konsultan di bidang kreatif, diharapkan dapat memberi dimensi berbeda dalam memahami periklanan saat ini. Dalam buku ini, kita diajak untuk dapat lebih memahami aspek-aspek penting dalam advertising di era digital saat ini, serta pengaplikasiannya dalam berbagai contoh pembahasan yang ada. Adapun materi yang dibahas dalam buku ini cukup lengkap, yaitu:

  1. Membaca Ulang Periklanan
  2. Evolusi Komunikasi Periklanan
  3. Iklan dan Pemasaran
  4. Promotion Convergence Iklan Sebagai Simulasi
  5. Strategi Otak Kiri dan Otak Kanan dalam Product Benefit & Consumer Insight
  6. Kampanye Periklanan
  7. Strategi Media Terintegrasi
  8. Visual Strategy (Art Directing) dsb.

Setelah membaca buku ini kalian akan lebih memahami apa itu advertising, jenis, dan beberapa tips merancang strategi advertising yang efektif. Palcomster bisa mempertimbangkan cara terbaik untuk menerapkannya untuk menunjang pemasaran brand ataupun perusahaan sendiri.