Resensi Buku Pemrograman Web Berbasis Kecerdasan Buatan

Kode Klasifikasi:006.76 ANI p
Judul Buku:Pemrograman Web Berbasis Kecerdasan Buatan
Edisi:I
Penulis:Anita Sindar Ros Maryana Sinaga, Murni Marbun dan Arjon
Penerbit:Deepublish
Bahasa:Indonesia
Tahun:2023
ISBN:978-623-02-5576-5
Tajuk Subjek:Pemrograman web
Deskripsi:x, 141 hlm, Uk: 15.5×23 cm.

 

Bagi pemula dalam pemrograman web, buku ini direkomendasikan sebagai sumber referensi dan panduan latihan coding berbasis web. Saat menjalankan script program SQL, disarankan untuk menyiapkan browser internet. Namun, untuk pembelajaran, dapat menggunakan localhost dengan alamat IP 127.0.0.1 yang terhubung ke perangkat komputer dalam jaringan lokal. Internet merupakan kumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca serta menguraikan berbagai protokol komunikasi tertentu. Sebuah situs web atau website adalah koleksi informasi dalam bentuk halaman web yang tergabung di dalam sebuah domain atau URL. Penulisan kode HTML mengikuti struktur HTML (Hyper Text Markup Language), di mana elemen-elemen pada halaman ditandai dengan penanda pembuka (<>) dan penanda penutup (</>). CSS (Cascading Style Sheets) digunakan untuk mendesain halaman HTML dan XHTML, dan kini dapat diterapkan pada berbagai dokumen XML, termasuk SVG, XUL, bahkan di platform Android. CSS (Cascading Style Sheet) merupakan salah satu bahasa desain web (style sheet language) yang mengontrol format tampilan halaman web yang ditulis dengan menggunakan penanda markup language.

Pembahasan mengenai PHP (Hypertext Preprocessor) mencakup pengenalan PHP beserta aturan dasar penulisan kodenya yang perlu dipahami, termasuk hal-hal seperti sensitivitas huruf (case sensitive), pernyataan (statement), penggunaan titik koma (;), baris perintah atau statement, spasi dan tab, serta tag pembuka dan penutup PHP. PHP memungkinkan pembuatan statement lebih dari satu dalam satu baris secara bersamaan. Penulisan variabel dalam PHP mengharuskan dimulai dengan tanda dollar ($) dan diikuti oleh huruf atau underscore (_). Untuk menjalankan script PHP di XAMPP, dapat diakses melalui web browser seperti membuka alamat website. Website memerlukan database server atau hosting MySQL untuk menyimpan berbagai informasi seperti username, password, font, URL, dan data lainnya. Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya:

  1. Pemrograman Web
  2. HTML
  3. PHP
  4. Database MySQL
  5. Kecerdasan Buatan
  6. ChatBot
  7. Search Engine

Dengan membaca buku ini, pembaca dapat memperoleh pemahaman mendalam tentang bagaimana menggabungkan kecerdasan buatan dengan pengembangan web, membuka peluang untuk menciptakan solusi-solusi inovatif dan efisien. Penasaran ingin membaca buku ini secara keseluruhan?