Resensi Buku Manajemen Pemasaran Karya Nembah Fhilip

Resensi Buku Manajemen Pemasaran Karya Nembah Fhilip

Resensi Buku Manajemen Pemasaran Karya Nembah Fhilip

JudulManajemen Pemasaran/Nembah Fhilip
Judul Asli 
PengarangNembah Fhilip Hartimbung Ginting
EdisiCetakan Pertama
PenerbitanYrama Widya
Deskripsi Fisikvi, 362 hlm.;15,5×24
Jenis IsiTeks
Jenis Mediatanpa perantara
Jenis Wadahvolume
ISBN978-623-205-745-6
SubjekManajemen

Deskripsi Buku

Manajemen pemasaran merupakan salah satu bidang ilmu yang sangat penting untuk dipelajari, karena seperti yang kita ketahui bahwa salah satu faktor pendukung yang signifikan bagi suatu negara untuk mencapai kesejahteraan atau kemakmuran adalah faktor ekonomi. Adapun pada saat ini, roda ekonomi di banyak negara sebagian besar dikendalikan oleh tingkat kemajuan perusahaan-perusahaan yang berdiri di negara tersebut, di samping sektor-sektor lain yang dapat menghasilkan devisa bagi negara yang seyogianya digunakan secara maksimal untuk meningkatkan taraf hidup rakyat secara merata. Pernahkah Anda mencoba membuka suatu usaha dalam bidang tertentu kemudian mengalami kerugian sehingga Anda tidak meneruskan usaha Anda lagi? Jika pernah, perlu Anda pahami bahwa itulah salah satu akibat dari tidak membekali diri dengan manajemen pemasaran ketika Anda memasarkan suatu produk. Hal ini merupakan contoh dalam lingkup kecil. Coba Anda bayangkan apabila itu terjadi dalam lingkup yang besar dan akibat yang ditimbulkan berpengaruh pada kesejahteraan rakyat secara umum. Misalnya saja beberapa perusahaan BUMN mengalami kerugian dengan angka yang sangat besar. Akhirnya tidak menghasilkan devisa negara, tetapi menyebabkan perekonomian negara menjadi lebih terpuruk, yang ditandai dengan semakin melonjaknya harga BBM, bahan-bahan pokok, dan sebagainya atau yang dikenal dengan istilah krisis moneter. Kita tentunya tidak menginginkan hal itu terjadi, bukan? Berdasarkan pertimbangan di atas, penulis berusaha menyusun buku ini sebagai bekal suatu ilmu yang sangat berguna, khususnya bagi para pengusaha serta para manajer dan umumnya bagi masyarakat luas sehingga pada saat membuka usaha atau mengelola suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik, produktif, dan menguntungkan. Ilmu yang penulis sajikan dalam buku ini tiada lain adalah Manajemen Pemasaran. Buku ini pun dapat digunakan sebagai referensi mata kuliah perguruan tinggi, yaitu manajemen pemasaran dan marketing.
Membaca buku tentang manajemen pemasaran memiliki banyak manfaat, baik untuk para pelaku bisnis, mahasiswa, maupun siapa pun yang tertarik dalam bidang pemasaran. Berikut beberapa manfaat utama dari membaca buku manajemen pemasaran:
  1. Pemahaman Mendalam tentang Pemasaran: Buku manajemen pemasaran memberikan pemahaman mendalam tentang konsep dan teori dasar pemasaran. Anda akan belajar tentang strategi pemasaran, analisis pasar, dan perencanaan kampanye pemasaran.

  2. Pengembangan Keterampilan: Membaca buku ini dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan yang diperlukan dalam pemasaran, seperti analisis data pasar, perencanaan promosi, manajemen merek, dan lainnya.
  3. Pemahaman Konsumen: Buku manajemen pemasaran membantu Anda memahami perilaku konsumen, motivasi pembelian, dan tren pasar. Ini penting untuk merancang kampanye pemasaran yang efektif.
  4. Pengetahuan tentang Alat Pemasaran: Anda akan belajar tentang berbagai alat pemasaran, seperti iklan, promosi, pemasaran digital, dan media sosial. Ini dapat membantu Anda memilih alat yang paling cocok untuk bisnis Anda.
  5. Pengetahuan tentang Persaingan: Buku-buku ini juga membahas tentang analisis pesaing, yang membantu Anda memahami lingkungan bisnis dan cara bersaing lebih efektif di pasar.

Dengan membaca buku manajemen pemasaran, Anda dapat meningkatkan pengetahuan Anda dalam hal pemasaran, yang dapat membantu Anda dalam berbagai aspek bisnis dan karier Anda. Ini adalah investasi berharga untuk pengembangan diri dalam bidang ini.