Resensi Buku Manajemen Konflik Karya Andri Kristianto

Detail Informasi :

Kode Klasifikasi:658 AND m
Judul Buku:Manajemen Konflik
Edisi:
Penulis:Andi Kridtianto
Penerbit:Gava Media
Bahasa:Indonesia
Tahun:2021
ISBN:978-623-7498-63-6
Tajuk Subjek:Manajemen
Deskripsi:xii, 240 halaman :ilus ;23 cm.

 

Konflik merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindarkan dalam kehidupan manusia. Bahkan sepanjang kehidupan, manusia senantiasa dihadapkan dan bergelut dengan yang namanya konflik. Ketika dua atau lebih entitas sosial yaitu, individu, kelompok, organisasi, bahkannegara saling berhubungan dalam mencapai tujuan mereka, hubungan mereka mungkin menjadi tidak cocok atau tidak konsisten. Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu dalam suatu interaksi. Perbedaan-perbedaan tersebut diantaranya adalah menyangkut ciri fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan lain sebagainya.

Manajemen konflik juga memainkan peran penting dalam menyelesaikan sebuah konflik. Manajemen Konflik melibatkan langkah-langkah yang dilakukan untuk mencegah konflik pada waktu yang tepat dan juga membantu menyelesaikannya secara efektif dan lancar. Tidak ada konflik yang bisa dimulai dengan sendirinya. Harus ada peristiwa atau kejadian untuk memicu hal yang sama. Melalui manajemen konflik, seseorang benar-benar mengetahui kemungkinan peristiwa yang dapat memulai konflik dan mencoba sebaik mungkin untuk menghindarinya.

Dalam buku ini akan dijelaskan secara detail terkait dengan konflik, transformasi konflik, resolusi konflik, manajemen konflik dan negoisasi. Selain itu dalam buku ini disertai contoh kasus yang bisa memperjelas pemahaman tentang penyelesaian suatu konflik. Mempelajari manajemen konflik memiliki banyak manfaat, baik dalam kehidupan pribadi maupun di lingkungan profesional. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari mempelajari manajemen konflik:

  1. Peningkatan Hubungan Interpersonal: Memahami bagaimana mengelola konflik dengan baik dapat meningkatkan hubungan interpersonal Anda. Ini dapat membantu dalam keluarga, pertemanan, dan lingkungan kerja.

  2. Meningkatkan Komunikasi: Manajemen konflik mengajarkan keterampilan komunikasi yang lebih baik. Anda akan belajar mendengarkan dengan lebih baik, mengungkapkan diri dengan jelas, dan memahami perspektif orang lain.
  3. Menghindari Eskalasi Konflik: Dengan memahami bagaimana konflik berkembang, Anda dapat mengambil tindakan untuk menghindari eskalasi dan mencegah konflik menjadi lebih parah.
  4. Peningkatan Kreativitas: Beberapa konflik dapat mendorong pemikiran kreatif dan solusi baru. Dengan mengelola konflik dengan bijak, Anda dapat memanfaatkan potensi kreatif ini.
  5. Peningkatan Efisiensi: Konflik yang tidak diatasi dengan baik dapat menghambat produktivitas di tempat kerja. Manajemen konflik yang baik dapat membantu organisasi mengatasi masalah dengan lebih efisien.

Membaca buku ini dapat menjadi langkah awal yang baik dalam memahami lebih lanjut tentang topik ini dan mengembangkan keterampilan manajemen konflik Anda. Ketika Anda meminjam atau membeli buku tersebut, Anda dapat mengharapkan untuk memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang konsep-konsep seperti resolusi konflik, negosiasi, komunikasi efektif, dan strategi menghadapi konflik dalam berbagai konteks.

 

Pertama dan satu-satunya KULIAH BEBAS PR di kampus yang paling VIRAL di Kota Palembang  Sangat Cocok buat kamu yang baru tamat sekolah dan pengenkampus yang fun, Anti Stress dan kekinian!!

Kuliah ASIK , Bebas PR !!!!

Daftar sekarang!

📲 0812-7178-8080

Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech
Jl. Jendral Basuki Rahmat No. 05, Palembang, Sumatera Selatan
Buat kalian yang masih mager untuk daftar langsung  cukup klik  tombol di bawah ini ya…

Daftar Kuliah