Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech dan Ardutech serta Pelaksanaan Kegiatan Training of Trainer (ToT) Internet of Thing (IoT)

Pada tanggal 12 Desember 2023, Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech dan Ardutech Yogyakarta secara resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) yang bertujuan untuk meningkatkan sinergi dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan. Penandatanganan MoU ini merupakan langkah strategis guna memperkuat kemitraan antar lembaga pendidikan dan industri di Indonesia.

 

 

 

Dalam sambutannya, Rektor Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech Bapak Benedictus Effendi, S.T., M.T., yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Wakil Rektor 1  Ibu Adelin, S.T., M.Kom., menyampaikan bahwa kerjasama ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi kedua belah pihak. “Melalui MoU ini, kami berharap dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik dan relevan dengan kebutuhan industri, serta memberikan peluang yang lebih luas bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri mereka dalam dunia kerja,” ujarnya.

 

Sementara itu, Perwakilan Ardutech Yogyakarta Bapak Alim Safari, S.T. menyambut baik kerjasama ini sebagai langkah strategis dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. “Industri teknologi informasi terus berkembang, dan kami percaya bahwa kerjasama ini akan membantu menciptakan tenaga kerja yang siap pakai dan mampu bersaing di tingkat global,” kata beliau.

 

Adapun fokus utama dari kerjasama ini mencakup penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan bersama, pertukaran pengetahuan dan teknologi, serta pengembangan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan industri. Kedua belah pihak berkomitmen untuk secara aktif terlibat dalam kegiatan bersama guna mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan dalam MoU.

Sejalan dengan semangat kemitraan yang baru saja dijalin, Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech bersama Ardutech Yogyakarta melanjutkan kerjasama mereka melalui kegiatan Training of Trainer (ToT) Internet of Things (IoT). Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi dosen dan instruktur LKP Palcomtech dalam mengajarkan dan mengimplementasikan teknologi IoT, sebuah bidang yang semakin mendominasi dunia teknologi informasi.

ToT IoT ini diselenggarakan sebagai bagian dari upaya bersama untuk menghasilkan tenaga pengajar yang berkualitas dan mampu menyajikan materi yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini. Dalam workshop intensif ini, para dosen dan instruktur LKP Palcomtech diberikan pelatihan mendalam mengenai konsep dasar IoT, pengembangan aplikasi IoT, serta penerapan teknologi ini dalam berbagai sektor industri.

 

Acara pelatihan ini melibatkan pakar industri dari Ardutech Yogyakarta, yaitu Bapak Alim Safari, S.T. dan mas Ahmad Sawaludin  yang memiliki pengalaman praktis dalam implementasi solusi IoT di berbagai proyek. Materi yang disajikan tidak hanya teoritis, tetapi juga praktis, dengan memanfaatkan peralatan dan platform IoT terkini. Peserta diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam sesi praktik langsung, memperdalam pemahaman mereka tentang konsep-konsep yang diajarkan.

 

Bapak Alim Safari, S.T. menyampaikan kegembiraannya melihat antusiasme para peserta. “Kami yakin bahwa melalui pelatihan ini, baik dosen dan instruktur LKP Palcomtech akan menjadi garda terdepan dalam mengajarkan dan mengimplementasikan teknologi IoT di lingkungan pendidikan mereka,” ucapnya.

Adapun Wakil Rektor 1,  Ibu Adelin, S.T., M.Kom. menambahkan, “ToT ini bukan hanya sekadar peningkatan keterampilan, tetapi juga penguatan kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri. Kolaborasi ini tidak hanya bermanfaat bagi lembaga, tetapi juga bagi mahasiswa dan peserta pelatihan yang akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang aplikasi dunia nyata dari teknologi IoT.”

 

Selain memberikan pengetahuan yang mendalam, kegiatan ini juga memberikan ruang bagi para peserta untuk bertukar pengalaman dan ide. Dengan adanya forum ini, diharapkan terbentuklah jejaring profesional yang akan terus berkembang setelah pelatihan selesai. Kegiatan ToT ditutup dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama.

 

Kegiatan Training of Trainer Internet of Things ini merupakan langkah nyata dalam mendukung visi bersama untuk menciptakan ekosistem pendidikan dan industri yang saling mendukung. Pihak penyelenggara berharap bahwa keberhasilan pelatihan ini akan menjadi contoh bagi lembaga-lembaga pendidikan lainnya untuk mengintegrasikan pelatihan teknologi terkini dalam kurikulum mereka, sehingga menciptakan lulusan yang siap bersaing di era industri 4.0.

Jika Anda tertarik untuk menjadi bagian dari lingkungan pendidikan yang inovatif, berorientasi pada industri, dan selalu mengutamakan kualitas, sekarang adalah saat yang tepat untuk mendaftar di Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech. Dengan fokus pada pengembangan keterampilan praktis, kerjasama erat dengan industri, dan fasilitas terkini, kami berkomitmen untuk membantu Anda mencapai potensi penuh Anda.

Kunjungi situs web resmi Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech di https://palcomtech.ac.id/ untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang program-program kami, persyaratan pendaftaran, dan proses aplikasi. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari komunitas kami yang dinamis dan berorientasi masa depan!

Bergabunglah dengan Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech, di mana pendidikan bertemu dengan inovasi untuk membentuk pemimpin masa depan!