Pemanfaatan Aplikasi Sebagai Media Bantu Edukasi Agama Islam Untuk Anak Usia Dini

Pemanfaatan Aplikasi Sebagai Media Bantu Edukasi Agama Islam Untuk Anak Usia Dini

Program Studi :

S1 IF

Peneliti :

Guntoro Barovih
Eka Prasetya Adhy Sugara
Nurussama

Judul:

Pemanfaatan Aplikasi Sebagai Media Bantu Edukasi Agama Islam Untuk Anak Usia Dini

Penerbit :

Jurnal Dinamisia Vol. 4 No. 1 (2020)

Abstrak :

Penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar menjadi sangat penting, karena pemanfaatan teknologi, perangkat lunak dalam kegiatan belajar sangat membantu para pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran serta mendorong minat siswa dalam belajar. TPA Darul Quddus unit 232 merupakan mitra dalam kegiatan PKM ini, dimana dalam kegiatan belajar dan mengajarnya masih menggunakan cara pembelajaran yang konvensional tanpa memanfaatkan teknologi dan perangkat lunak pembelajaran sehingga terkesan monoton dan membosankan bagi anak-anak generasi alpha. Tujuan dari pengabdian ini adalah mengedukasikan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan cara pengamatan langsung pada tenaga pengajar dan siswa, wawancara dan pengujian pre test dan post test pada tenaga pengajar. Luaran dari pengabdian ini menghasilkan 2 aplikasi pembelajaran berbasis desktop dan mobile, 1 aplikasi multimedia dan 1 aplikasi  manajemen tata kelola TPA. Hasil pengukuran pre test dan post test ternjadi peningkatan kemampuan, penguasaan dan pemanfaatan teknologi dan perangkat lunak dalam kegiatan belajar dan mengajar.

 

Penelitian merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan baru, mengembangkan pemahaman, atau memecahkan masalah yang ada dalam berbagai bidang ilmu. Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech mengakui pentingnya penelitian sebagai salah satu pijakan utama dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan dan inovasi di kampus ini.

Dalam konteks ini, PalComTech secara aktif mendorong dan mendukung para peneliti di lingkungan kampus untuk melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi. Kegiatan penelitian ini melibatkan upaya membina dan mengarahkan para peneliti dalam pengembangan kemampuan mereka untuk melakukan penelitian yang berkontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan aplikasinya dalam dunia nyata.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech menyediakan infrastruktur penelitian yang memadai, termasuk laboratorium dan perpustakaan dengan akses ke sumber daya informasi yang luas. Selain itu, kampus ini juga mengadakan berbagai kegiatan dan seminar penelitian yang bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran ide dan kolaborasi antara para peneliti.

Para peneliti di PalComTech didorong untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka dalam jurnal ilmiah, baik tingkat nasional maupun internasional. Ini bertujuan untuk memperluas jangkauan pengaruh penelitian mereka, berbagi pengetahuan dengan komunitas ilmiah yang lebih luas, dan memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain publikasi dalam jurnal ilmiah, Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech juga mendorong para peneliti untuk berpartisipasi dalam konferensi dan seminar ilmiah, baik sebagai peserta maupun sebagai pembicara. Melalui keikutsertaan ini, para peneliti memiliki kesempatan untuk berbagi dan mendiskusikan hasil penelitian mereka dengan para ahli dan sesama peneliti dari berbagai institusi dan disiplin ilmu.

Dalam rangka meningkatkan keunggulan penelitian, PalComTech juga menjalin kemitraan dengan lembaga dan industri terkait untuk melaksanakan penelitian bersama, mengakses sumber daya tambahan, dan memperluas kolaborasi dalam penelitian. Dengan demikian, Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech berkomitmen untuk terus mendukung dan memajukan kegiatan penelitian guna menghasilkan inovasi dan pemahaman baru yang bermanfaat bagi masyarakat dan dunia akademik.

 
Baca Juga penelitian lainya. Klik disini