Mengenal metode belajar Active Learning di Institut PalComTech

Metode belajar Active Learning adalah pendekatan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran, bukan hanya sebagai penerima informasi pasif. Tujuan dari metode ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan kemampuan kritis peserta didik dalam memproses dan menerapkan informasi yang mereka pelajari.

Beberapa ciri khas dari metode belajar Active Learning adalah:

  1. Interaktif: Peserta didik secara aktif terlibat dalam diskusi, permainan peran, proyek, atau aktivitas lain yang membutuhkan partisipasi mereka.
  2. Kolaboratif: Peserta didik sering bekerja dalam kelompok untuk memecahkan masalah atau menyelesaikan tugas, memungkinkan pertukaran ide dan pandangan.
  3. Pemecahan Masalah: Fokus pada pemecahan masalah dan penerapan konsep dalam situasi dunia nyata, memungkinkan peserta didik melihat relevansi materi pelajaran.
  4. Refleksi: Peserta didik diajak untuk merenung tentang apa yang mereka pelajari, bagaimana mereka belajar, dan bagaimana informasi yang diperoleh dapat dihubungkan dengan pengetahuan sebelumnya.
  5. Diskusi Aktif: Diskusi kelompok atau debat ditingkatkan, di mana peserta didik tidak hanya mendengarkan pengajar, tetapi juga saling bertukar pendapat dan argumen.
  6. Pemberian Tanggung Jawab: Peserta didik memiliki tanggung jawab lebih besar terhadap pembelajaran mereka, termasuk dalam merencanakan dan mengelola waktu belajar mereka.
  7. Variasi Aktivitas: Berbagai jenis aktivitas, seperti studi kasus, simulasi, eksperimen, dan penugasan proyek, digunakan untuk menjaga variasi dan mencegah kejenuhan.

belajar active learning

Keuntungan dari metode belajar Active Learning termasuk meningkatkan motivasi, pemahaman yang lebih mendalam, pengembangan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, serta persiapan yang lebih baik untuk menghadapi situasi dunia nyata.

Contoh aktivitas dalam metode belajar Active Learning meliputi:

  • Diskusi kelompok atau diskusi berpasangan.
  • Pemberian studi kasus yang kompleks untuk diselesaikan oleh peserta didik.
  • Simulasi atau permainan peran yang melibatkan situasi kehidupan nyata.
  • Penugasan proyek yang memerlukan riset dan analisis.
  • Diskusi debat tentang isu-isu kontroversial.
  • Kegiatan pemecahan masalah yang meminta peserta didik menerapkan konsep dalam konteks praktis.

Dengan menggunakan metode belajar Active Learning, peserta didik diharapkan dapat lebih terlibat, kreatif, dan mandiri dalam proses pembelajaran mereka.

Pertama dan satu-satunya KULIAH BEBAS PR di kampus yang paling VIRAL di Kota Palembang  Sangat Cocok buat kamu yang baru tamat sekolah dan pengenkampus yang fun, Anti Stress dan kekinian!!

Kuliah ASIK , Bebas PR !!!!

Daftar sekarang!

📲 0812-7178-8080

Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech
Jl. Jendral Basuki Rahmat No. 05, Palembang, Sumatera Selatan
Buat kalian yang masih mager untuk daftar langsung  cukup klik  tombol di bawah ini ya…

Daftar Kuliah