Meningkatkan Kualitas Produk dan Daya Saing melalui Inovasi dan Pemasaran Digital Pada Pengrajin Sangkar Burung di Palembang

Meningkatkan Kualitas Produk dan Daya Saing melalui Inovasi dan Pemasaran Digital Pada Pengrajin Sangkar Burung di Palembang
  • Hendra HadiwijayaInstitut Teknologi dan Bisnis Palcomtech, Indonesia
  • Didiek PrasetyaInstitut Teknologi dan Bisnis Palcomtech, Indonesia

DOI: 

https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i5.142

Keywords: 

Kualitas Produk, daya saing, pemasaran digital

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk dan daya saing pengrajin sangkar burung di Palembang melalui penerapan teknik inovasi dan pemasaran. Melalui tahap analisis situasi dan kondisi mitra, ditemukan bahwa pengrajin menghadapi berbagai tantangan, termasuk kualitas produk yang rendah, kurangnya pengetahuan tentang inovasi dan pemasaran, serta keterbatasan akses ke pasar. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan pelatihan dan pendampingan di bidang inovasi produk dan pemasaran. Melalui pelatihan ini, pengrajin sangkar burung belajar tentang teknik inovasi dalam desain dan produksi sangkar, penggunaan bahan yang berkualitas tinggi, dan peningkatan fungsionalitas produk. Pelatihan pemasaran membantu mereka memperluas penjangkauan pasar melalui pemasaran online, pengembangan branding, dan pelayanan pelanggan yang baik. Melalui tahap monitoring dan evaluasi, kemajuan pengrajin dalam menerapkan keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh dievaluasi. Hasilnya menunjukkan peningkatan kualitas produk, peningkatan penjualan, dan peningkatan daya saing pengrajin. Strategi pemasaran online dan pengembangan branding telah berhasil memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan visibilitas produk. Manajemen usaha yang lebih baik telah memberikan efisiensi operasional dan peningkatan keberlanjutan usaha.