Kuliah Umum “The Future of Mobile Apps” di Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech: Menggali Potensi Teknologi Baru dalam Pengembangan Aplikasi Mobile

Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech dengan bangga menggelar kuliah umum bertajuk “The Future of Mobile Apps: Emerging Technologies and Trends” pada Kamis, 6 Juni 2024. Acara ini berlangsung di aula utama kampus dan dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai program studi, khususnya dari program studi Informatika dan Sistem Informasi.

Narasumber utama dalam kuliah umum ini adalah Rijalul Fikri, S.Kom., seorang pakar di bidang teknologi informasi dan Senior Engineer di Qiscus, perusahaan terkemuka yang bergerak di bidang pengembangan platform komunikasi berbasis cloud. Dengan pengalaman yang luas dalam pengembangan aplikasi mobile dan pemrograman client-server, Fikri memberikan pandangan yang komprehensif mengenai masa depan aplikasi mobile serta teknologi dan tren yang sedang berkembang.

Dalam presentasinya, Fikri membahas berbagai topik penting, termasuk perkembangan terbaru dalam teknologi mobile, seperti 5G, Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), dan augmented reality (AR). Ia juga menyoroti bagaimana teknologi-teknologi ini akan mempengaruhi cara aplikasi mobile dikembangkan dan digunakan di masa depan. “Teknologi mobile berkembang dengan sangat cepat, dan penting bagi kita untuk selalu mengikuti tren terbaru agar tetap relevan di industri ini. 5G, AI, dan IoT membuka peluang baru yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya,” ujar mas Fikri dalam salah satu bagian presentasinya.

Kuliah umum ini juga mencakup demonstrasi langsung pengembangan aplikasi mobile dengan menggunakan teknologi terkini, serta contoh-contoh nyata dari implementasi teknologi tersebut di berbagai industri. Para mahasiswa diajak untuk berpartisipasi aktif dalam sesi tanya jawab, yang memungkinkan mereka mendapatkan jawaban langsung dari mas Fikri mengenai tantangan dan peluang dalam pengembangan aplikasi mobile.

Kaprodi Informatika Eka Prasetya Adhy Sugara, S.T., M.Kom. dalam sambutannya menyatakan, “Kami sangat berterima kasih kepada Rijalul Fikri dan Qiscus atas kesempatan ini. Kuliah umum seperti ini sangat penting untuk membuka wawasan mahasiswa mengenai perkembangan teknologi terbaru dan mempersiapkan mereka untuk menjadi profesional yang kompeten di masa depan.”

Mahasiswa yang hadir tampak antusias dan merasa terinspirasi oleh materi yang disampaikan. Salah satu peserta, Mei Sutrisno, mahasiswa semester 4 jurusan Teknik Informatika, mengungkapkan, “Kuliah umum ini sangat membuka mata kami tentang potensi teknologi baru dalam pengembangan aplikasi mobile. Kami jadi lebih semangat untuk belajar dan mengikuti perkembangan teknologi.”

Dengan terselenggaranya kuliah umum ini, Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengalaman belajar yang komprehensif bagi para mahasiswa, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin dinamis dan kompetitif. Kuliah umum ini ditutup dengan foto bersama dan pemberian sertifikat kepada narasumber sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi dan kontribusinya dalam acara tersebut.

 

Bagi Anda yang tertarik untuk mendalami bidang Teknik Informatika atau program studi lainnya di Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech, kunjungi situs web kami di https://palcomtech.ac.id untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran. Bergabunglah bersama kami dan jadilah bagian dari masa depan teknologi!