Kuliah Umum Palcomtech: “Jaringan Syaraf Tiruan buat Skripsi, Siapa Takut?”

aringan Syaraf Tiruan buat Skripsi, Siapa Takut

Palembang, 27 Mei 2024 – Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech kembali menggelar kuliah umum dengan tema “Jaringan Syaraf Tiruan buat Skripsi, Siapa Takut?”. Acara yang berlangsung pada hari Senin, 27 Mei 2024 ini menghadirkan Muhammad Malian Zikri sebagai narasumber utama, CEO Digital Creative yang merupakan seorang pakar di bidang kecerdasan buatan dan jaringan syaraf tiruan.

 

Kuliah umum ini diperuntukkan secara eksklusif untuk mahasiswa program studi Informatika, namun dapat diikuti oleh mahasiswa program studi lain yang antusias untuk mempelajari lebih lanjut tentang penerapan teknologi jaringan syaraf tiruan (neural networks) dalam berbagai aspek kehidupan dan penelitian akademik. Muhammad Malian Zikri mengawali sesi dengan penjelasan mendalam mengenai sejarah dan perkembangan JST, struktur dasar, cara kerjanya, serta perkembangannya dari masa ke masa.

 

aringan Syaraf Tiruan buat Skripsi, Siapa Takut

 

Dalam pemaparannya, Mas Malian menyajikan beberapa contoh konkret penerapan jaringan syaraf tiruan di berbagai bidang, di antaranya:

  1. Kesehatan, Penggunaan jaringan syaraf tiruan untuk deteksi penyakit melalui analisis citra medis, seperti kanker dan penyakit jantung.
  2. Keuangan, Prediksi pasar saham, analisis risiko kredit, dan deteksi penipuan.
  3. Transportasi, Pengembangan kendaraan otonom yang mampu mengemudi sendiri serta optimasi rute untuk mengurangi waktu tempuh dan biaya.
  4. Pertanian, Identifikasi penyakit tanaman dan optimasi hasil panen melalui analisis data pertanian.
  5. Industri, Peningkatan efisiensi proses produksi dan pemeliharaan prediktif untuk mengurangi downtime mesin.

 

Selain itu, Mas Malian juga memberikan panduan praktis kepada mahasiswa yang tertarik menggunakan jaringan syaraf tiruan dalam penelitian skripsi mereka. Dia menekankan pentingnya memilih topik yang relevan dan memastikan ketersediaan data yang memadai. “Pemahaman dasar-dasar matematika dan statistik sangat penting dalam mengembangkan model jaringan syaraf tiruan yang efektif,” ujarnya.

 

Kuliah umum ini juga diisi dengan sesi tanya jawab interaktif. Para mahasiswa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengajukan berbagai pertanyaan terkait aspek teknis dan praktis dalam penerapan jaringan syaraf tiruan.

 

Ketua Program Studi Informatika Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech, Bapak Eka Prasetya Adhy Sugara, S.T., M.Kom. dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti ini dapat terus diadakan untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan mahasiswa. “Program studi kami berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan teknologi terkini. Kuliah umum ini adalah salah satu bentuk nyata dari komitmen tersebut”.

 

Dengan adanya kuliah umum ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih termotivasi dan terinspirasi untuk mengeksplorasi teknologi jaringan syaraf tiruan dalam penelitian mereka, serta mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan industri.

 

Bagi Anda yang tertarik untuk mendalami IoT dan Kecerdasan Buatan, Program Studi Informatika di Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech menawarkan kurikulum yang komprehensif dan up-to-date. Dengan bimbingan dari dosen-dosen berpengalaman dan fasilitas yang memadai, Anda akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di dunia kerja yang semakin digital. Mari bergabung dengan kami dan menjadi bagian dari generasi penerus yang inovatif dan berdaya saing tinggi. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website resmi kami di https://palcomtech.ac.id atau hubungi bagian pendaftaran mahasiswa baru.