Kuliah Umum Komputasi Awan Bersama Praktisi AWS

Pada tanggal 29 Desember 2023, Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech menggelar sebuah kuliah umum Cloud Computing yang menghadirkan praktisi terkemuka dalam dunia teknologi informasi, Satria Bagus Pribadi. Kuliah umum yang diselenggarakan secara hibrid ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam mengenai Amazon S3 sebagai pondasi kuat untuk layanan Infrastruktur as a Service (IaaS) atau Infrastuktur sebagai Layanan dalam konteks transformasi digital dan pengelolaan data.

Dalam kuliah umum yang dihadiri oleh mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan, Satria Bagus Pribadi membahas berbagai aspek terkait Amazon S3, sebuah layanan cloud storage yang telah menjadi salah satu pilar utama dalam infrastruktur awan. Dengan pengalaman dan pengetahuannya yang luas, Satria memberikan pandangan mendalam mengenai bagaimana Amazon S3 dapat membantu organisasi membangun pondasi kuat untuk layanan IaaS.

Satria memulai presentasinya dengan menguraikan konsep dasar Infrastruktur sebagai Layanan (IaaS) dan relevansinya dalam era digital. Ia kemudian menjelaskan peran Amazon S3 sebagai penyedia layanan penyimpanan cloud yang dapat diandalkan, skalabel, dan aman. “Amazon S3 bukan hanya tempat penyimpanan data, tetapi juga sebuah alat yang dapat mengubah cara kita mengelola dan mengakses data,” ujarnya.

Dalam kuliahnya, Satria menyoroti beberapa keunggulan Amazon S3, termasuk kemudahan pengelolaan data, keamanan tingkat tinggi, dan kemampuan untuk mengintegrasikan layanan dengan aplikasi dan platform lainnya. Ia juga membahas beberapa studi kasus tentang bagaimana perusahaan-perusahaan besar telah sukses mengimplementasikan Amazon S3 untuk meningkatkan efisiensi operasional dan inovasi bisnis.

Selain itu, kuliah umum ini juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk bertanya langsung kepada narasumber mengenai permasalahan dan tantangan spesifik yang mereka hadapi dalam mengadopsi Amazon S3. Diskusi interaktif ini memungkinkan mahasiswa dan peserta lainnya untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut dan solusi praktis.

 

Acara ini menciptakan ruang yang produktif bagi para peserta untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang peran Amazon S3 dalam mengubah paradigma pengelolaan data dan infrastruktur. Dengan hadirnya narasumber dari kalangan praktisi, kuliah umum ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga wawasan praktis yang dapat diaplikasikan dalam dunia bisnis dan teknologi saat ini. Kuliah umum ditutup dengan foto bersama praktisi dan para peserta.

Jika Anda tertarik untuk mengejar karir di dunia teknologi dan bisnis, Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech adalah pilihan yang tepat untuk mewujudkan impian Anda. Dapatkan pendidikan berkualitas, fasilitas modern, dan pengajaran dari para ahli industri. Kunjungi situs web resmi kami di https://palcomtech.ac.id/.  

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari komunitas kami yang dinamis dan berkembang pesat di dunia pendidikan teknologi dan bisnis. Bergabunglah dengan Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech, tempat di mana masa depanmu dimulai!