Implementasi Data dalam Strategi Desain Produk di PalComTech Palembang

Pada hari Jumat, 28 Juni 2024, Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech Palembang berhasil menggelar sesi Expert Mentoring yang bertema “Implementasi Data dalam Strategi Desain Produk”. Acara ini menghadirkan M. Prabu Rosihan, Kepala Departemen Desain Produk di Bank Sinarmas, sebagai narasumber utama. Sesi ini merupakan bagian dari upaya Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech untuk memperkuat keterampilan dan pengetahuan mahasiswanya dalam bidang desain produk yang berbasis data.

Acara ini dimulai tepat pukul 16.00 WIB dan dihadiri oleh puluhan peserta, baik yang hadir secara langsung di kampus PalComTech maupun yang mengikuti secara online. Pelaksanaan secara hybrid ini memungkinkan lebih banyak partisipan untuk terlibat, terlepas dari lokasi geografis mereka. Para peserta terdiri dari mahasiswa, dosen, dan praktisi desain produk yang sangat antusias untuk belajar dari seorang ahli di bidangnya.

Prabu Rosihan mengawali sesi dengan memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya data dalam proses desain produk. Beliau menjelaskan bagaimana data dapat digunakan untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen, serta bagaimana analisis data dapat membantu dalam membuat keputusan desain yang lebih tepat dan efektif. Dengan pendekatan yang praktis, M. Prabu Rosihan juga membagikan berbagai teknik dan metode yang digunakan di Bank Sinarmas untuk mengintegrasikan data dalam strategi desain produk mereka.

Selama sesi berlangsung, peserta sangat aktif berpartisipasi dalam diskusi dan sesi tanya jawab. Banyak pertanyaan yang diajukan, mulai dari teknik analisis data hingga penerapan praktis dalam proyek desain produk. M. Prabu Rosihan dengan sabar menjawab setiap pertanyaan, memberikan penjelasan yang mendalam dan contoh-contoh konkret yang memperkaya pemahaman peserta.

Tidak hanya itu, beliau juga membagikan beberapa studi kasus yang diambil dari pengalaman profesionalnya di Bank Sinarmas. Studi kasus ini memberikan gambaran nyata tentang tantangan dan solusi dalam implementasi data untuk desain produk, sehingga peserta dapat belajar dari pengalaman nyata dan bukan hanya teori.

Banyak peserta yang menyampaikan rasa puas dan terima kasih atas kesempatan untuk mengikuti sesi ini. Mereka merasa mendapatkan banyak wawasan baru yang dapat diaplikasikan dalam pekerjaan dan studi mereka. Beberapa peserta bahkan mengusulkan agar sesi serupa diadakan lebih sering, mengingat pentingnya topik ini di era digital yang semakin mengandalkan data.

Dengan berakhirnya sesi ini, diharapkan pengetahuan yang didapatkan dapat diaplikasikan dalam berbagai proyek desain produk, baik di dunia akademis maupun industri. Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech Palembang berkomitmen untuk terus menghadirkan program-program edukatif yang relevan dan bermanfaat, guna mendukung pengembangan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa serta profesional di bidang desain produk.

Daftar Kuliah Gratis Laptop di PalComTech!

Informasi Pendaftaran

📲 0812-7178-8080
🌍 palcomtech.ac.id

Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech
📌 Jl. Jendral Basuki Rahmat No. 05, Palembang, Sumatera Selatan