Image Enhancement with Python and Google Colab

Palembang, 31 Mei 2024 — Pada hari Jumat, 31 Mei 2024, Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech sukses menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “Image Enhancement with Python and Google Colab”. Acara ini menghadirkan Johan Wijaya Kusuma sebagai narasumber utama yang merupakan CEO dari Smart Integrated System sekaligus seorang pakar dalam bidang pengolahan citra digital.

 

Kuliah umum ini diadakan sebagai bagian dari mata kuliah Pengolahan Citra Digital, dan bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada mahasiswa mengenai teknik-teknik peningkatan kualitas citra menggunakan Python dan platform Google Colab. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai jurusan, khususnya dari program studi Teknik Informatika.

 

Johan Wijaya Kusuma dalam paparannya menjelaskan berbagai konsep dasar dan teknik lanjutan dalam pengolahan citra digital. Beliau memaparkan langkah-langkah praktis bagaimana memanfaatkan Python, sebuah bahasa pemrograman yang populer di kalangan ilmuwan data, untuk melakukan berbagai proses peningkatan kualitas citra. Johan juga memperkenalkan Google Colab, sebuah platform berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan kode Python tanpa perlu menginstal perangkat lunak apapun di komputer pribadi mereka.

Selama sesi berlangsung, Johan memberikan contoh-contoh konkret dan demo langsung bagaimana cara melakukan image enhancement, mulai dari penyesuaian kontras, peningkatan ketajaman, hingga pengurangan noise pada citra. Mahasiswa yang hadir juga diberikan kesempatan untuk mencoba langsung teknik-teknik yang telah diajarkan dengan bimbingan langsung dari narasumber.

 

Antusiasme peserta terlihat sangat tinggi, ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan selama sesi tanya jawab. Salah seorang mahasiswa mengungkapkan, “Kuliah umum ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan kami dalam bidang pengolahan citra digital. Saya sangat tertarik dengan cara penggunaan Python dan Google Colab yang dijelaskan oleh Bapak Johan.”

 

Ketua Program Studi Informatika Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech, Eka Prasetya Adhy Sugara, S.T., M.Kom., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan harapannya bahwa melalui kegiatan seperti ini, mahasiswa dapat lebih termotivasi dan terbuka wawasannya terhadap perkembangan teknologi terbaru di bidang informatika.

Dengan diadakannya kuliah umum ini, diharapkan mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin kompetitif dan terus berkembang. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi kolaborasi-kolaborasi lebih lanjut dalam bidang pengolahan citra digital antara kampus dan praktisi industri.

 

 

Kuliah umum “Image Enhancement with Python and Google Colab” ditutup dengan foto bersama dan pemberian sertifikat kepada Johan Wijaya Kusuma sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi dan kontribusinya dalam acara tersebut.

 

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti kuliah di program studi Informatika atau program studi lainnya, segera daftarkan diri Anda di Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui situs web resmi kami di https://palcomtech.ac.id. Jangan lewatkan kesempatan untuk bergabung dan menjadi bagian dari institusi pendidikan yang berkomitmen pada kualitas dan inovasi!