Hack4ID Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di mulai dari Institut PalComTech

Hack4ID Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di mulai dari Institut PalComTech

Hack4ID gerakan nasional 1000 startup digital merupakan rangkaian kegiatan pembinaan dan arahan dari pelaku industri dan mentor untuk merumuskan sebuah ide solusi digital yang siap dieksekusi. Kegiatan ini bertujuan menciptakan kolaborasi di antara para pelaku industri startup untuk meningkatkan kualitas calon startup founders dengan inovasi digital yang dapat menyelesaikan permasalahan industri. Dan diharapkan para peserta dapat menerapkan dasar-dasar metode design thinking untuk membantu dalam menciptakan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh industri. 

Kegiatan mentoring ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 20-21 Mei 2023 bertempat di lantai 3 Institut PalComTech. Adapun penggerak dari kegiatan ini adalah Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech, Sumsel Startup Founders, Palembang Digital dan Google Developer Student Club Universitas Sriwijaya. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta terseleksi dari 144 orang yang berasal dari mahasiswa maupun karyawan swasta.

Kegiatan Hack4ID dibuka oleh Wakil Rektor I Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech, Adelin S.T., M.Kom., yang dalam sambutannya menekankan bahwa tujuan dari penyelenggaraan Hack4ID by Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Institut Palcomtech Palembang Sumatera Selatan adalah untuk menyemangati para pemuda untuk dapat membangun startup-nya masing-masing. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi dari Chief Technology Officer (CTO) dari Two Point Five & Co-Founder Deeptech Foundation, Sofian Hadiwidjaya.

Berikut rangkuman dari kegiatan Hack4ID:

Kegiatan hari pertama

  1. Workshop: Problem-Solution Fit
  2. Team Forming & User Journey
  3. How Might We & Sprint Goal Setting
  4. Team Working/Mentoring

Kegiatan hari kedua

  1. Solution Sprint
  2. Research Report
  3. Workshop: Pitching 101
  4. Solution Sprint
  5. Team Working
  6. Final Pitching

Materi dari Chief Technology Officer (CTO) dari Two Point Five & Co-Founder Deeptech Foundation, Sofian Hadiwidjaya yang menyampaikan bahwa, menemukan ide dan mencari perbandingan untuk melakukan validasi atas solusi tersebut menjadi sebuah pola pikir yang penting dalam memulai sebuah startup, melakukan problem solution disini adalah memahami atau menemukan solusi dari sebuah permasalahan yang menjadi penghalang dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Kegiatan Hack4ID bertujuan untuk membantu peserta menciptakan ide solusi yang sesuai dengan kebutuhan industri selama 2 hari dengan menggunakan dasar-dasar metode design sprint, sekaligus menanamkan pola pikir kewirausahaan kepada masyarakat umum.

Demikian laporan kegiatan Hack4id gerakan nasional 1000 startup digital. Semoga laporan ini dapat bermanfaat. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini dan kami mohon maaf atas segala kekurangannya.