Pada tanggal 17 & 18 Oktober 2017 – Unit Pelaksana Teknis Penjaminan Mutu (UPT-PM) melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) pada Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) dibawah pimpinan Bapak Benedictus Effendi, S.T., M.T. selaku Direktur Politeknik PalComTech dan Bapak M. Ridho Ardiansyah, S.Kom., M.Kom. selaku Ketua Program Studi DKV.
Tujuan dilakukannya AMI, sebagai berikut:
Memeriksa kesesuaian atau ketidaksesuaian unsur-unsur sistem mutu dengan standar yang telah ditentukan.
Memeriksa keefektifan pencapaian tujuan mutu yang telah ditentukan.
Memberi kesempatan teraudit memperbaiki sistem mutu.
Alasannya dilakukan AMI, diantaranya:
Memfasilitasi evaluasi kinerja, sistem kontrol, dan prosedur penjaminan mutu.
Meyakinkan bahwa institusi akuntabel terhadap mutu dan standar yang telah ditentukan.
Meningkatkan kemampuan institusi untuk memprioritaskan lingkup tertentu dan memfasilitasi pengambilan keputusan.
Berikut Tim Auditor AMI Program Studi DKV:
Ibu Atin Triwahyuni, S.T., M.Eng. (Penanggungjawab Audit)
Bapak Guntoro Barovih, S.Kom., M.Kom. (Lead Auditor)
Ibu Arsia Rini, S.Kom., M.Kom. (Anggota Auditor)
Ibu Fatmariani, S.Kom., M.Kom. (Anggota Auditor)
Ibu Mustika, S.Kom., M.Kom. (Anggota Auditor)
Pada pelaksanaan AMI Program Studi DKV, yang menjadi Auditee adalah:
Bapak M. Ridho Ardiansyah, S.Kom., M.Kom. (Ketua Program Studi DKV)
Bapak Yarza Aprizal, S.Kom. (Sekretaris Kemahasiswaan)
Ibu Adelin, S.T., M.Kom. (Kepala LPPM)
Ibu Mutiara Lusiana Anisa, S.E., M.Si. (Sekretaris UPT-PM)
Bapak Eka Prasetya Adhy Sugara, S.T., M.Kom. (Dosen Tetap Program Studi DKV)
Bapak Hendra Hadiwijaya, S.E., M.Si. (Dosen Tetap Program Studi DKV)
Bapak Hendra Rotama, S.Pd., M.Sn. (Dosen Tetap Program Studi DKV)
Bapak Yasermi Syahrul, S.Pd., M.Sn. (Dosen Tetap Program Studi DKV)
Auditee dalam Audit ini bersifat kooperatif, dapat bekerja sama, antusias dan memiliki komitmen dalam mutu, hal ini terlihat dari persiapan data dan dokumen yang dilakukan dan sikap terhadap Auditor yang terbuka.
Semoga Program Studi DKV terus melakukan Continuous Improvement untuk mendapatkan hasil Re-Akreditasi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.
Berikut Dokumentasi Pengecekan Dokumen dengan Instrumen Borang yang diisi:
Pengecekan dokumen Standar 1 (Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, Serta Strategi Pencapaian) dan Standar 2 (Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu) oleh Ibu Mustika, S,Kom., M.Kom. selaku Auditor kepada Bapak Eka Prasetya Adhy Sugara, S.T., M.Kom. dan Ibu Mutiara Lusiana Anisa, S.E., M.Si. selaku Auditee.
Pengecekan dokumen Standar 3 (Mahasiswa dan Lulusan) dan Standar 4 (Sumber Daya Manusia) oleh Bapak Guntoro Barovih, S.Kom., M.Kom. selaku Lead Auditor kepada Bapak M. Ridho Ardiansyah, S.Kom., M.Kom. selaku Ketua Program Studi DKV dan Bapak Yarza Aprizal, S.Kom. selaku Sekretaris Kemahasiswaan.
Pengecekan dokumen Standar 5 (Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik) oleh Ibu Arsia Rini, S.Kom., M.Kom. selaku Auditor kepada Bapak Hendra Hadiwijaya, S.E., M.Si. selaku Auditee.
Pengecekan dokumen Standar 6 (Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, Serta Sistem Informasi) dan Standar 7 (Penelitian, Pelayanan/Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerjasama) oleh Ibu Fatmariani, S.Kom., M.Kom. selaku Auditor kepada Ibu Adelin, S.T., M.Kom. selaku Kepala LPPM, Bapak Hendra Rotama, S.Pd., M.Sn. dan Bapak Yasermi Syahrul, S.Pd., M.Sn. selaku Auditee.
Berikut Dokumentasi Visitasi Lapangan:
Pengecekan data monitoring dan evaluasi penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh Lead Auditor Bapak Guntoro, S.Kom., M.Kom. didampingi oleh Ibu Fatmariani, S.Kom., M.Kom. selaku Auditor kepada Ibu Adelin, S.T., M.Kom. selaku Kepala LPPM dan Bapak Hendra Rotama, S.Pd., M.Sn. selaku Auditee ditemani oleh Bapak M. Ridho Ardiansyah, S.Kom., M.Kom. selaku Ketua Program Studi DKV.
Pengecekan data Tracer Study yang dilakukan oleh Lead Auditor Bapak Guntoro, S.Kom., M.Kom. kepada Bapak Yarza Aprizal, S.Kom. selaku Sekretaris Kemahasiswaan dan ditemani oleh Bapak M. Ridho Ardiansyah, S.Kom., M.Kom. selaku Ketua Program Studi DKV.
Pengecekan data dan prasasarana laboratorium multimedia dalam menunjang kegiatan praktikum mahasiswa Program Studi DKV yang dilakukan oleh Ibu Fatmariani, S.Kom., M.Kom. selaku Auditor didampingi oleh Lead Auditor Bapak Guntoro, S.Kom., M.Kom. kepada Bapak Hendra Rotama, S.Pd., M.Sn. selaku Auditee dan ditemani oleh Bapak M. Ridho Ardiansyah, S.Kom., M.Kom. selaku Ketua Program Studi DKV.
Pengecekan dokumen perekrutan dan pemberhentian serta pengangkatan tenaga pendidik atau dosen oleh Lead Auditor Bapak Guntoro Barovih, S.Kom., M.Kom. kepada Ibu Julita, S.Kom. selaku Pembantu Direktur 2 dan ditemani oleh Bapak M. Ridho Ardiansyah, S.Kom., M.Kom. selaku Ketua Program Studi DKV.
Pengecekan bersama data ketersediaan buku dan prasarana perpustakaan yang dilakukan oleh Ibu Fatmariani, S.Kom., M.Kom. selaku Auditor didampingi oleh Lead Auditor Bapak Guntoro, S.Kom., M.Kom. kepada Ibu Yanti Ratna Sari, S.Hum. selaku Pustakawan dan Bapak Yasermi Syahrul, S.Pd., M.Sn. selaku Auditee ditemani oleh Bapak M. Ridho Ardiansyah, S.Kom., M.Kom. selaku Ketua Program Studi DKV.
Berikut Dokumentasi Laporan Hasil AMI ke Auditee:
Pemaparan hasil temuan Auditor kepada Auditee
Penandatanganan serta penyerahan Laporah Hasil AMI Program Studi DKV oleh Bapak Guntoro Barovih, S.Kom., M.Kom. sekalu Lead Auditor kepada Bapak M. Ridho Ardiansyah, S.Kom., M.Kom. selaku Ketua Program Studi DKV.
Foto bersama antara Auditor dan Auditee dalam kegiatan serah terima Hasil AMI Program Studi DKV.
Berikut Dokumentasi Pelaporan Hasil AMI kepada Pimpinan:
Pemaparan Hasil AMI dilakukan oleh Lead Auditor Bapak Guntoro Barovih, S.Kom., M.Kom. dan didampingi oleh penanggungjawab Auditor Ibu Atin Triwahyuni, S.T., M.Eng. dihadapan Direktur Politeknik PalComTech Bapak Benedictus Effendi, S.T., M.T., para Auditee dan Anggota Auditor yang dilakukan pada hari Jumat tanggal 27 Oktober 2017.